Jumat, 26 Februari 2010

BAB 3

“Rashiaaaaaaaaaaa!” kata Andin, lari-lari ke kelas Rashia. Kayak orang sableng.

“Napa lu?” tanya Rashia yang kaget mendapati sahabatnya lari-lari ke kelasnya.

“Gapapa. Hehehe.” katanya ngegaje, sambil cengengesan gak jelas gitu deh. Bikin Rashia heran.

Rashia mengerenyit, “Aneh.” katanya, lalu kembali membaca novel TeenLit terbaru yang dipinjamnya dari perpustakaan sekolah. Iya dong, perpustakaan sekolah ini memang komplit banget. Jadi, novel TeenLit juga ada.

“Eh, lo mau tau gak yang namanya Revan?” tanya Andin.

“Boleh. Emangnya dia ada dimana gitu? Kok lo wajahnya kayak yang sotoy sotoy gimanaaaa gitu.” kata Rashia.

“Emang gue tau!” kata Andin, merasa menang tuh dia.

“Woo. Ada dimana dia?” tanya Rashia. Lama-lama penasaran juga dia. Jadi pengen liat, yang mana sih Revandy Saputra Nugraha itu? Mungkin emang dia pernah ngeliat, tapi kan dia gak tau yang mana tepatnya si Revan itu.

“Ngga tau juga ya. Di kantin kayaknya. Eh, tapi gue juga gak tau deng.. hehe.” kata Andin bego.

“Bego lo! Tadi katanya tau.. dasar!” kata Rashia.

“Hehehehe.” kata Andin cengengesan. Iya ya, bego juga si Andin. Bilang tau, tapi gak tau. Mana udah lari-lari gak jelas gitu lagi, kayak sableng aja.

“Ehm.. gue tau kok, Revan dimana.” kata Aldi tiba-tiba.

“Eh, Aldi!” kata Rashia.

“Hehe. Lo mau liat Revan, Sya?” tanya Aldi.

“Boleh boleh aja sih, Di.” kata Rashia.

“Kalo gitu, Revan lagi nongkrong di perpus.” kata Aldi.

“Hah? Istirahat kok ke perpustakaan sih, Di? Apa segitu rajinnya si Revan itu?” Tanya Rashia. Iya laaaah.. se rajin-rajinnya Rashia, dia gak bakal nyia-nyiain waktu istirahatnya buat ke perpustakaan. Namanya juga waktu istirahat, ya dipake buat istirahat. Ngapan ke perpus? Tapi kalo emang niatnya bukan buat belajar tapi baca novel biasa siih.. yaa.. ga papa juga sih. Dia aja suka baca novel TeenLit pas istirahat kan? Ih, ngapain juga ngomongin beginian?

“Hahaha. Enggak sebegitunya juga kali Sya. Dia cuma baca novel fiksi ato detektif gitu kok. Gak belajar.” kata Aldi.

“Kok lo tau jelas sih, si Revan ke mana? Emang lo kenal banget ya sama dia? Lo siapanya? Jangan-jangan elo pacarnya lagi? Ya ampuuun gue gak nyangka si Revan gay. Tapi kayaknya, gak mungkin deh, Revan itu gay. Tapi kalo elo sih....,” Andin memperhatikan Aldi dengan seksama. “Dari tadi gue juga ada feeling kalo elo gay. Jadi kesimpulannya, elo suka Revan, tapi Revan cuma nganggep lo sahabat aja! Iya kaaan?” kata Andin asal nuduh. Udah asal, panjang lagi! Salah pula!

“Heh! Asal nuduh aja lo! Gue tuh sepupunya Revan! Masa gue gay? Kalo pun gay, gue bersukur jadi gay. Daripada naksir elo! Hueeek!” kata Aldi kesel. Siapa sih, yang gak kesel dibilang gay?

“Ya udah sih. Sepele juga.” kata Andin. Mukanya tengil banget deh sekarang.

Sepele? Sepele kata lo? Sakit hati tau gue dibilang gay!” kata Aldi masih berapi-api.

“Ya udahlah. Gue kan cuma berasumsi doang. Lagian, kalo elo sakit hati, cuma gara gara dibilang gay doang, tandanya elo tuh banci, bukan gay!” kata Andin gak mau kalah.

“Udah doong! Ngapain sih ngomongin masalah sepele gak jelas kayak gini, hah?” kata Rashia. Dia emang anti banget sama yang namanya pertengkaran.

“Tanya aja tuh sama temen lo!” kata Aldi sama Andin barengan. SERIUS! Barengan lhoo!

Mereka berdua pun mendelik kaget. Yaiyalah, kalimatnya sama banget dong!

“WAW! Nggak nyangka, kalian ada chemistery-nya!” kata Rashia menggoda.

“RASHIA!” bentak keduanya. Barengan lagi! Ih waw.. beneran ada chemistery-nya nih anak dua.

“Udah ah! Gue ke perpus dulu yaaa! Sekalian mau liat si Reban! Hehehe. Byebye..” kata Rashia. Takut kena getahnya juga dia.

Andin melihat ke arah Aldi. Aldi melihat ke arah Andin.

“APA LO LIAT-LIAT??” kata Andin galak.

“Siapa yang liat-liat? Yang ada elo kali yang aneh.” kata Aldi.

“Aneh gimana?” tanya Andin.

“Ngapain di kelas gue lama-lama hah? Ngefans?” kata Aldi.

“AMIT-AMIT!” kata Andin sambil keluar dari kelas Aldi. Mukanya memerah. Baru nyadar dia. Ngapain juga gue lama-lama di situ? Batin Andin. Aldi menyunggingkan senyum kemenangan di bibirnya.

*****

Di perpustakaan, Rashia malah lupa mau ngapain. Dasar.

“Tunggu, gue ngapain ke perpus ya?” katanya. Tumben dia lupa. Biasanya inget terus. Apa mungkin dia emang gak ditakdirkan buat inget si Revan kali yaa? Hehehe. Tapi kan emang orang kadang suka lupa.

“Ah, ya udah sih, baca-baca dikit di sini juga gak ada salahnya.” katanya lagi. Lagian, perpustakaan sekolah ini emang nyaman banget deh. Full AC, gede banget, terus lengkap lagi! Asik juga kayaknya kalo perpustakaan kayak gitu.

Setelah mengambil komik Detektif Conan, ia memutuskan untuk membaca bukunya di perpus aja. Lagipula, emang waktu istirahat siang kan lama, satu jam. Ia pun berjalan menuju kursi tempat membaca. Ia ingin segera duduk di kursi dekat jendela. Tempat kesukaannya emang di situ. Tapii.. ada yang udah duduk di situ. Akhirnya, dia duduk di depan orang itu, masih deket jendela juga sih, tapi lebih enak orang itu, soalnya itu di sudut. Kalo tempatyang Rashia dudukkin sekarang kan nggak di sudut.

Siapa itu? Kok ganteng juga ya mukanya. Batin Rashia. Ia memang daritadi ngintip ngintip ngeliat orang yang ada di depannya. Yang lagi baca novel, Sherlock Holmes. Oh.. suka detektif juga dia. Batinnya lagi. Lalu perhatiannya kembali tertuju pada komik yang dipinjamnya.

Revan baru menyadari kalo yang ada di depannya ini adalah Rashia. Ini Rashia? Aduh, pikiran gue ke si Sherlock Holmes aja sih.. Kalo dari tadi gue nyadar dia ada di depan kan, udah gue sapa dari tadi. Cantik banget sih ini orang. Hidungnya mancung, matanya bulat, emm, warna matanya coklat. Indah banget matanya. Bersinar gitu deh. Memperlihatkan jelas kalo pemiliknya orang yang cerdas. Batin Revan. Akhirnya, ia memberanikan diri untuk membuka pembicaraan. “Ehm.. lo suka Conan?”

Rashia kaget. Ia melihat lawan bicaranya. “Eh, iya. Kayaknya, lo juga ya? Soalnya, lo baca Sherlock Holmes, berarti lo suka Detektif juga kan? Suka Conan juga?” tanya Rashia balik. Masih rada gugup juga dia, disapa orang ganteng kayak gini. Mau bayangin Revan gantengnya kayak gimana? Bayangin aja cowok terganteng yang elo suka. Kayak gitulah Revan. Hehehe. Oke deh, gue kasih wajah lebih detailnya. Wajahnya oriental, putih (tapi gak putih banget), tinggi (tapi sedenglah. Ga tinggi banget). Gitu deh pokoknya. Kalo gak sesuai sama tipe cowok lo, yaa sudah. Tipe cowok gue mah yang oriental gitu (eh kenapa jadi ngomongin tipe cowok gue? Lanjut ah!).

“Iya, gue juga suka.” kata Revan sambil menganggukan kepala. “By The way, gue Revandy Saputra Nugraha. Panggil aja Revan.” katanya lagi.

“Oh, yang dapet NEM tertinggi itu ya? Lo hebat banget lho. Hehehe. Gue Karissa Trashia. Panggil aja Rashia.” balas Rashia sambil tersenyum. Oh, ini toh orangnya! Batin Rashia. Mendadak ia jadi ingat alasan mengapa ia ke perpustakaan.

“Iya gue tau. Lo nggak usah ngenalin diri lo lagi. Lo kan udah terkenal.” kata Revan.

“Nggak juga kali, Van. Biasa aja. Justru yang terkenal itu elo. Elo kan yang dapet NEM tertinggi, pasti bakal lebih dikenal.” kata Rashia.

“Hahaha! Enggak deh kayaknya. Orang, anak-anak cowok di kelas gue aja pada ngomongin elo gitu.” kata Revan sambil tertawa, memperlihatkan giginya yang rapi dan putih bersih! Bikin Rashia seneng ngeliat dia ketawa.

“Oh ya? Ngomongin gue? Ngomongin tentang apa?” tanya Rashia. Penasaran juga dia. Setaunya, dia gak begitu terkenal deh.

“Banyak yang suka lagi Sya, sama lo!” termasuk gue. Kalimat itu yang di miringin, itu tentu aja dalam hati. Gak mungkinlah Revan ngungkapin sekarang. Baru aja mereka kenalan.

“Oh ya? Waw.. gue gak pernah nyangka!” kata Rashia. Tersanjung juga dia pas tau banyak yang suka.

“Gak pernah nyangka gimana?” tanya Revan. Abis, setau dia sih, yang namanya cewek pasti suka ke-GR-an sendiri.

“Yaa.. gak pernah nyangka aja.. setau gue sih, gue gak begitu terkenal.” kata Rashia.

“Ya terkenal laah.. pas SMP kan lo sering ikut kejuaraan gitu kali.” kata Revan.

“Iya sih.. tapi kan gak nyampe banyak yang suka.. Kalo menurut gue, bagian dari diri gue yang bikin orang suka apaan coba?” Emang sih, banyak orang yang nanya kayak gini, seolah-olah pengen dipuji sama orang yang ditanya. Tapi Rashia bener-bener bingung. Apa yang mereka liat dari dirinya?

“Ya.. lo kan pinter, terus... cantik..” Revan grogi pas bilang “cantik”.

Rashia pengen banget ketawa ngeliat wajah Revan merona merah gitu. Tapi ditahan. Gak enak dong. Tapi Rashia tetep aja senyum-senyum.

“Em.. menurut gue.. malah pinteran elo lagi Van.. terus cantikkan Andin. Eh, lo kenal Andin kan?” tanya Rashia. Emang dia mikirnya gitu kok. Jelas-jelas pinteran Revan, dan cantikkan Andin juga.

“Ah, enggak juga deh. Kayaknya masih pinteran elo. Andin? Oh iya, gue kenal kok. Sekelas sama gue.” kata Revan.

“Enggak kali Van. Jelas-jelas pinteran elo. Oh, kenal.. bagus deh. Hahaha. Si Andin kalo di kelas kayak gimana?” tanya Rashia lagi.

“Cerewet banget ya anaknya? Haha. Gue sih kurang suka ama yang cerewet. Gue sih sukanya cewek yang rada kalem. Tapi rada cerewet juga. Gitu deh. Ih, siapa juga ya yang nanya? Hehehe.” kata Revan jadi ribet sendiri. Salting tuh.

“Ehm.. emang dia cerewet banget kali Van. Dari pas SD kelas 1 gue sahabatan sama dia, kayaknya emang tiada detik tanpa ngomong. Haha.” kata Rashia ketawa juga. Andin memang cerewet banget.

“Oh, lo sahabatan sama dia dari kelas 1 SD? Keren banget. Lama.” kata Revan.

“Iya doong.. Gue sama Andin kan gak terpisahkan. Hahaha. Makanya, untung aja kelas yang sekarang ini cuma sementara doang. Soalnya gue pengen sekelas sama Andin.” kata Rashia.

“Tapi agak susah kali Sya. Kan kelas A sampai I. Berarti kesempatannya kecil banget. Mana elo se-SMP lagi sama dia. Iya kan?” kata Revan.

“Iya siih.. tapi apa salahnya berharap?”

“Iya juga sih.. Eh, btw, gue males banget deh.. SMP kan udah lulus. Tapi tetep aja masih pake seragam putih-biru. Udah kekecilan padahal yang punya gue.” kata Revan.

“Iya sih.. haha. Gue juga. Sabar aja.. seminggu lagi kok.. Pas abis MOS kan udah pake putih-abu Van.” kata Rashia. Rashia tuh kalo ngomong emang suka sambil senyum terus. Makanya jadi tiap ngobrol sama dia, bawaannya senyum mulu. Kayak Revan sekarang.

“Iya juga sih. Eh, btw, ditentuin kelas barunya kapan sih?” tanya Revan. Gak pengen menyelesaikan pembicaraan mereka.

“Ehm.. akhir minggu ini kali. Eh, sekarang hari apa sih?” tanya Rashia.

“Selasa.” jawab Revan.

“Oh, berarti penentuan kelasnya masih tiga hari lagi lah.” kata Rahia.

“Em gitu yaa.. Eh, btw, lo kenal sama sodara gue gak? Yang cerewet itu lho.. si Aldi!” Revan memperpanjang pembicaraan. Dia seneng banget nih, dapet kesempatan ngobrol sama sang pujaan hati. Hahaha.

“Oh, Aldi.. Iya kenal. Anaknya lucu banget.” kata Rashia sambil tertawa. Kenapa ketawa? Dia inget pembicaraan si Aldi sama si Andin, yang tadi itu lho, yang berantem.

Revan melihat ekspresi Rashia yang ketawa gitu. Dalam hatinya ia berpikir, emm... kayaknya nih cewek suka sama si Aldi. Abis, apa sih yang kurang dari si Aldi? Ganteng banget, pinter juga, kocak, gak pernah salting kalo deket cewek. Sedangkan gue, baru deket si Rashia aja udah gugup kayak gini.

“Lo suka sama Aldi?” tanya Revan. Rashia kaget ditanya seperti itu. Revan juga kaget, kok bisa-bisanya dia langsung nanyain apa yang ada di kepalanya itu, langsung! Lagian itu kalimat, langsung lompat keluar aja, tanpa disetujui dulu ama Revan-nya.

“Enggaklah! Masa bisa suka ama cowok kayak dia sih? Aneh banget deh.” kata Rashia sambil senyum-senyum. Bukan karena nginget Aldi, tapi gara-gara ngeliat Revan yang tampaknya cemburu. Hahahaha. Tapi Revan malah berpikir, kalo Rashia itu senyum-senyum mikirin Aldi lagi. Jujur, Rashia sebenernya tertarik banget sama Revan. Dia penasaran banget. Udah gitu mana orangnya ganteng banget lagi! Emang sih lebih ganteng Aldi sedikit. Tapi tetep aja, menurutnya, Revan lebih menarik dari pada Aldi.

“Em.. masa? Setiap cewek yang gue tanya suka apa enggak sama Aldi juga selalu bilang gak suka kok. Tapi akhirnya, malah mereka yang nembak Aldi duluan. Kayaknya, elo juga sama ya?” tanya Revan. Memang, dia kalo ngobrol sama cewek yang udah kenal sama Aldi, pasti nanya, suka apa enggak sama Aldi. Dan hasilnya, mereka pada bilang gak suka. Tapi apa yang terjadi? Seminggu kemudian, mereka pada nembak Aldi. Jadi, Revan pikir Rashia kayak gitu juga. Tapi tentu aja, dia berharap pikirannya salah.

“Enggaklah, Van. Harga diri gue tinggi banget loh.. Jadi gak mungkinlah gue nembak cowok. Di kamus gue tuh gak ada yaa, yang namanya “nembak cowok” ih, gak banget deh, kalo mesti nembak. Kesannya tuh, gue cewek murahan. Makanya, sesuka-sukanya gue sama cowok, gak bakalan gue yang nembak duluan.” jelas Rashia. Tapi tetep gak meyakinkan Revan kalo Rashia gak suka sama Aldi.

“Tapi, kalo seandainya si Aldi nembak elo, lo terima?” tanya Revan lagi.

“Ya ampuuun Van.. lo kenapa jadi bahas yang beginian sih? Aneh banget deh. Lagian, gue sama Aldi juga kan baru kenal. Lagian, gue gak mungkin kok suka sama si Aldi. Bukan tipe gue banget deh! Hehehe.” kata Rashia.

“Oh gitu.. terus, emang tipe lo yang kayak gimana?” tanya Revan.

“Yang, rada cerewet.. tapi gak secerewet si Aldi. Terus, gue pengennya, yang pengertian banget sama gue. Emang sih, kayaknya kok klise banget, dan banyak banget cewek yang pengen cowoknya pengertian atau apapun yang klise klise kayak gitu. Tapi emang itu yang gue mau. Terus nih, yang paling utama.. dia.. harus...” kalimat Rashia terpotong, malu-malu untuk bilangnya.

“Harus apa?” tanya Revan penasaran.

“Ganteng. Hahaha.” kata Rashia sambil tertawa.

Revan ikut tertawa. “Berarti, gue masuk kriteria lo dong ya...” kata Revan, masih sambil setengah ketawa.

“Emangnya lo termasuk kriteria yang mana?” tanya Rashia sambil senyum-senyum, masih berusaha menelan sisa tawanya.

“Masa gak tau sih?” tanya Revan, dengan muka isengnya.

“Enggak tau tuh yaaa...” kata Rashia.

“Ya jelaslah, yang ganteng! Hahaha.” kata Revan.

“Bisa aja lo!” kata Rashia sambil ketawa lagi.

“Tapi emang iya kaan? Gue emang ganteng kan??” tanya Revan sambil menaik-naikkan alisnya..

“Iya deh.. terserah elo aja gue mah.” kata Rashia pasrah.

“Hahaha. Udah doong, masa gitu doang jadi bete sih?” kata Revan, melihat mimik muka Rashia yang memang sengaja dibuatnya jadi seolah-olah tuh bete gimanaaaa gitu.

“Gak bete sih.. biasa aja..” kata Rashia.

“Hahaha. Ketawa lagi dong kalo gak bete..” kata Revan.

“Gue ketawa mulu yang ada jai orang gila Van.. Hahaha.” kata Rashia, namun tetep tertawa.

“Gak nyangka, ternyata orang pinter bisa ketawa juga.” kata Revan.

“Emangnya, lo gak bisa ketawa apa?” tanya Rashia heran.

“Bisa sih, tapi kan, gue gak pinter.” kata Revan. Ia memang ngerasa, kalo dirinya itu bodoh. Padahal segitu pinternya.

“Ya ampun Van, elo ini emang ngerasa bego, atau sengaja pengen gue puji pinter nih?” tanya Rashia. Dia heran banget. Masa sih, cowok sepinter Revan, ngerasa dirinya bego. Helooo... Revan gitu loh! Peraih NEM tertinggi se-kota! Bahkan kalo mau tau, Revan tuh nilainya paling tinggi se-provinsi.

“Beneran deh! Gue ngerasa, gue belom bisa ngalahin elo, walaupun kemarennya lo tersingkirkan sama gue.” kata Revan.

“Ya udahlah.. gak penting juga sih pinteran siapa. Yang pasti setiap orang itu kan gak ada yang bego, Van. Pasti punya kekurangan dan kelebihan dan kekurangan masing-masing kok.” kata Rashia diplomatis.

“Iya bu guru...” kata Revan jail.

“Hahahaha.”

Setelah itu, mereka kembali mengobrol, sampai bel masuk berbunyi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar