Jumat, 26 Februari 2010

BAB 1

Biasa aja. Itu komentar Rashia buat hari pertamanya ini. Dia masuk SMA terfavorit di kotanya. Sekolah apa yang gak mau nerima siswa se-pintar Rashia? Sekolah idiot itu namanya. Nama Karissa Trashia memang sudah begitu dikenal sejak ia SD. Selalu mengikuti berbagai lomba di bidang MIPA dan tentu saja, selalu menjuarainya. Tetapi belakangan ini, stamina dan pesona-nya agak menurun. Karena ada seorang siswa dari sekolah lain yang menyainginya. Untuk lomba MIPA tingkat kota setahun lalu contohnya, Rashia yang biasanya juara ke satu, kemarin hanya dapat juara ketiga karena ada siswa itu. Revandy Saputra Nugraha. Ia yang menyaingi Rashia untuk lomba MIPA. Ia mendapat juara pertama. Untuk peringkat kedua, ada Dori Van Germanus. Orang blasteran Jawa-Belanda. Pinter banget deh dua-dua-nya. Rashia juga pintar. Hanya tidak beruntung aja saat itu. Jadi, Rashia dapat peringkat ke tiga. Tapi biasanya ia selalu peringkat pertama.

Untuk hari pertama Rashia di SMA Pancasila, sekolah barunya. Ia merasa tidak berkesan. Yang bersekolah di sini hanya orang-orang yang ilmunya tinggi dan berprestasi saja. Serta orang yang sangat amat kaya raya. Maklum, sekolah di sini sangat mahal. Nggak masalah untuk Rashia, yang Ayahnya adalah seorang direktur sebuah bank, dan ibunya seorang manajer sebuah perusahaan elektronik. Di sekolahnya yang sekarang, teman-teman satu SMPnya yang keterima hanya sedikit. Tetapi, untungnya ada Andin. Anak itu memang pintar. Jadi ia masuk ke sini. Kalo enggak, makin bete aja hari-hari SMA Rashia.

Rashia punya seorang Kakak. Namanya Reza. Kakaknya lagi kuliah di salah satu Universitas Negri di kotanya. Reza termasuk orang sibuk juga. Berhubung kuliahnya udah mau lulus, dan lagi nyiapin skripsi.

“Untung lo keterima Ndin di sini. Kalo enggak, suram kali masa SMA gue.” kata Rashia pada saat istirahat pertama.

“Hahaha. Segitu pentingnya ya gue buat elo Sya.”

“Bukan gitu juga sih masalahnya. Ih, males juga ya, sekarang masih pake baju putih biru. Nyebelin deh.” keluh Rashia.

“Iyalah Sya. Kita kan masih masa-masa pengenalan di sini. Masih masa pelatihan gitu.”

“Kenapa gak langsung MOS aja ya?” tanya Rashia.

“Mungkin biar kita paham dulu kali metode SMA ini apa aja.” jawab Andin.

“Iya kali ya.” kata Rashia manggut-manggut.

Ya, memang sekarang lagi masa-masa pengenalan gitu. Untuk pengenalan lebih dalam katanya.

“Eh, Sya anak kelas lo seru-seru gak?” tanya Andin lagi.

“Emm, biasa aja. Cowoknya cuman secuil. Cuma lima orang dari tiga puluh orang! Ceweknya banyak banget deh. Untung aja ini cuma kelas sementara ya. Kalo ini kelas tetap buat setahun, kayaknya masa kelas 10 gue gak bakalan seru haha. Apalagi gak sekelas ama lo Ndin.”

“Iya ya. Untung aja ini bukan kelas tetap haha. Ih, gue juga pengen banget Sya sekelas sama lo.”

“He-eh.” jawab Rashia singkat.

“Eh, tau ga? Gue kan sekelas sama saingan lo itu tau!” kata Andin antusias.

“Saingan gue?” tanya Rashia keheranan.

“Si itu looh.. emm siapa tuh.. Revan! ya Revan!”

“Revan? Siapa Revan?” tanya Rashia. Masih gak connect.

“Revandy Saputra Nugraha lho!”

“Kayaknya gue pernah denger deh nama itu.” kata Rashia sambil mengingat-ngingat.

“Ya jelas lo pernah denger! Dia saingan lo! Dia peraih NEM tertinggi se-kota! Yang ngalahin elo pas lomba MIPA juga Sya!”

“Oh! Iya iya gue inget! Dia masuk sini juga toh? Hemm.. saingan nih haha.” kata Rashia.

“Hati-hati aja Sya.” kata Andin memperingatkan.

“Hati-hati? Kenapa?”

“Dia pinter banget!” kata Andin.

“Oh.. ya udah. Gak apa apa.”

“Hah? Lo gak takut kalah?”

“Kalo masih ada peluang, gue coba menang. Kalo emang kalah, yaaa kalah itu kan kemenangan yang tertunda Ndin. Santai ajaa! Hahaha!”

“Ckckck. Heran gue sama lo! Padahal pas SMP kelas 8, ada saingan dikit aja. Langsung deh ribet sendiri! Sejak kelas 9, elo jadi berubah. Kenapa sih Sya, jadi gak ribet lagi kalo punya saingan?”

“Hahaha. Kan setiap orang harus berubah Ndin.”

“Tapi elo ngedadak Sya.” kata Andin takjub ngeliat ada yang beda dari sahabatnya ini.

“Masa sih? Nggak juga ah!” kata Rashia menyangkal.

“Terserah elo deh. Tapi bagus lah. Jadi lebih baik Sya! Hehehe.”

Good good. Emang bagus kan perubahan yang lebih baik? Hehehe. Gue ke kelas dulu ya Ndin! Bye!”

Bye!”

Andin adalah sahabat terbaik yang pernah Rashia miliki. Sahabat yang tetap setia selama sembilan tahun! Mereka saling mengenal sejak kelas 1 SD! Dan sejak itulah mereka bersahabat. Andin sangat cerewet. Kalo ngomong gak bisa di-rem. Rashia juga berisik. Tapi masih lebih cerewet Andin. Andin lebih agresif. Kadang Rashia gak suka sama sifatnya Andin yang agresif kayak gitu. But, she’s. Sikap orang kan gak bisa dirubah dengan secepat itu. Makanya, Andin masih tetep aja agresif haha. Justru, itulah yang bikin mereka makin lengket. Karena ke-agresifan Andin itulah. Malahan, Andin sering nembak cowok. Bukan hal baru buat dia. Mantannya Andin banyak banget. Maklum, Andin banyak yang suka, dan Andin sering banget suka ama orang yang beda-beda. Jadilah. Sekarang, Andin punya cowok, tapi beda SMA sama mereka. Nama cowoknya, Danan. Andin sayaaaaaaang banget sama Danan. Danan juga cinta banget sama Andin. Kali ini, yang nembak Danan, bukan Andin. Rashia sendiri ngerasa, Danan emang cowok yang paling cocok buat sahabatnya. Danan tuh bener-bener pas banget buat Andin. Cakep, tinggi, kaya, baik, tapi masalahnya, rada bego dikit.. Hahaha. Tapi beneran deh, Danan tuh cowok yang bener-bener paaaaaaass banget buat Andin.

*****

“Hey! Lo Rashia kan? Karissa Trashia yang dapet NEM tertinggi kedua setelah Revandy Saputra Nugraha?” tanya seorang cowok pada saat Rashia sudah sampai kelas. Oh iya, mereka sekelas.

“Iya. Kok lo tau?” tanya Rashia heran sekaligus tersanjung. Ternyata ia terkenal juga ya. Hehehe.

“Pasti tau dong! Revan sering cerita tentang musuhnya yang selalu dapet juara ke satu pas SMP, pas lomba MIPA. Dan Revan seneng banget bisa ngalahin musuhnya itu pas lomba MIPA tahun kemaren, dan pada saat NEM itu! Dan musuhnya itu, elo.” jelas cowok itu.

“Oh gitu. Kok dia sering cerita tentang gue sih? Lo kenal dia?” tanya Rashia heran.

“Ya kenal lah! Dia sepupu gue.” kata cowok itu.

“Oh gitu. Hahaha. By the way, nama lo siapa?”

“Gue, Reynaldi Saputra Nugraha. Panggil aja Aldi.” katanya.

“Kok namanya mirip banget ya sama Revan?” tanya Rashia. Iyalah, sepupu, tapi kok nama sama banget gitu. Cuma beda Reynaldi sama Revandy doang. Itu juga namanya mirip banget. Reynaldi, Revandy. Mirip gak siih? Mirip kaan?

“Iyalah. Kan gue lahirnya barengan sama Revan. Hari yang sama. Cuma beda jam doang. Tapi lahirnya duluan Revan.” jelasnya.

“Ooh.. gitu. Tapi mirip banget deh namanya. Hahaha.” kata Rashia sambil ketawa.

“Em.. lo kelas ini juga ya Sya?” katanya sambil menunjuk ke lantai kelas.

“Iya.” jawab Rashia singkat.

“Untung ini bukan kelas tetap.” kata Aldi.

“Hah? Emangnya kenapa? Lo gak suka ya, sekelas sama gue?” tanya Rashia. Bukan berarti dia mulai tertarik sama Aldi. Enggak, bukan. Gak mungkin secepet itu. Tapi ya, kan nggak enak aja kalo ada yang gak nyaman sama kehadiran kita di kelas itu, makanya dia jadi pengen pindah. Makanya Rashia nanya. Takutnya kayak gitu.

“Enggaaak! Bukaan! Gue seneng-seneng aja kok sekelas sama lo. Masalahnya, gue tuh, pengen elo sekelas sama Revan!” kata Aldi.

Why?” tanya Rashia heran. Perasaan gak si Aldi, gak si Andin, ngomongin si Revan mulu deh.

“Asyik aja kayaknya. Soalnya kan lo itu pinter, terus sekelas sama Revan yang pinter juga. Yaaa.. pasti bakalan seru laah!” jelas Aldi.

“Bilang aja pengen ngeliat gue tersiksa gara-gara sekelas sama sepupu lo yang pinter banget itu! Hahaha.” kata Rashia.

“Emangnya lo tersiksa ya, kalo sekelas sama Revan?” tanya Aldi. Dia takutnya sepupunya itu bener-bener nyeremin buat Rashia.

“Ya enggak juga sih.. tapi kan lo tau sendiri, kalo otak gue lagi rada error akhir-akhir ini. Bisa bisa sepupu lo jadi ngeremehin gue banget lagi.” jelas Rashia. Iyalah, pasti dong Revan ngeremehin dia. Orang segitu bangganya pas ngalahin Rashia di lomba MIPA. Tandanya dia menganggap Rashia itu hebat. Tapi kalo otak Rashia lagi error gini kan, pasti jadi bego. Nah, kalo dia sekelas sama Revan, takutnya Revan yang tadinya nganggep Rashia hebat, jadi ngeremehin dia. Gara-gara otaknya ternyata cetek. Tapi itu cuma pikiran Rashia aja kok. Lagian se-error-errornya otak Karissa Trashia, hasilnya pinter pinter juga!

“Ya ampun Rashia.. Revan juga gak gitu-gitu amat lagi. Revan tuh asik banget anaknya. Dan kalo nemu musuh, bakalan dia jadiin temen. Gak bakalan ngeremehin lo bangetlah! Lagian orang pinter, walaupun lagi error, pasti tetep pinter kali Sya..” kata Aldi.

“Iya iya iyaaaa.. terserah lo aja deh Di. Hehehe. By the way, gue belum pernah ngeliat wujud asli sepupu lo itu Di. Orangnya kayak gimana sih?” tanya Rashia.

“APAAAA? Lo belum pernah ngeliat wujud si Revan? Revn aja pernah ngeliat wujud lo.” kata Aldi kaget.

“Heh? Gue beneran gak pernah liat dia Di.” kata Rashia. Lah emang dia gak pernah ngeliat kok. Mungkin pernah, tapi gak tau kali kalo namanya itu Revandy Saputra Nugraha.

“Pas lomba MIPA itu! Kan dia saingan lo kali! Masa lo gak pernah ngeliat sih?” tanya Aldi masih heboh. Iya laah. Orang lomba MIPA kan ada test cerdas cermat gitu. Pati bakalan ngeliat dong.

“Iya ya.. kan dia saingan gue. Oh, mungkin gue pernah ngeliat dia, tapi gue gak nyadar kalo dia itu Revan! Gitu kali Di! Jadi intinya, gue bukannya belum pernah ngeliat wujudnya Revan, tapi gue gak tau dia yang mana! Gitu Di!” kata Rashia.

“Nah iya! Kalo itu baru bener!” kata Aldi.

Tapi, yang masih terngiang di otaknya Rashia, apa segitu pedulinya yang namanya Revan itu sama dia? Sampe sampe terobsesi pengen ngalahin dia segala. Sampe tau Rashia yang mana. Padahal Rashia gak pernah nganggep Revan itu sebagai saingan banget bangetnya lho. Aneh banget? Apa segitu pinternya Rashia di mata Revan?

“Emangnya, dia segitu terobsesi apa sama yang namanya ngalahin gue, Di?” tanya Rashia.

“Terobsesi? Nggak juga sih. Tapi emang dia punya banyak planning buat ngalahin elo.” kata Aldi.

“Ooh..” kata Rashia singkat.

“Btw, minta no hape dong. Hehe. Boleh ga?” tanya Aldi.

“Boleh.” kata Rashia, lalu mengambil dompet dan memberikan kartu namanya.

“Thanks.” kata Aldi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar